Saturday 21st September 2019

Kemenpora akan Kembalikan Dana Rp 2M ke Pemuda Muhammadiyah

Kemenpora akan Kembalikan Dana Rp 2M ke Pemuda Muhammadiyah

Tidak menemukan masalah pada bantuan dana kemah 2017, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan mengembalikan cek Rp 2 miliar ke PP Pemuda Muhammadiyah. Cek akan dikembalikan. Hal itu diungkapkan oleh Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto.

“Saya perintahkan (staf) segera dikembalikan. Selama tidak ada masalah, (bantuan operasional) itu hak penerima bantuan karena tidak ada temuan (penyimpangan),” kata Gatot, dikutip dari Detik, Jumat (30/11/2018).

Gatot menegaskan bahwa hingga saat ini tidak ada temuan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas kegiatan Apel dan Kemah Pemuda di Prambanan, Yogyakarta, pada 2017 lalu. Saat itu Kemenpora diketahui mengalokasikan anggaran kepada pelaksana kegiatan, yakni PP Pemuda Muhammadiyah dan GP Ansor.

Baca juga: Panitia Kemah dari PP Pemuda Muhammadiyah Minta Maaf ke Dahnil

Gatot menyatakan bahwa tidak ada kewajiban bagi Pemuda Muhammadiyah untuk mengembalikan.

“LHP 2017 Apel Kebangsaan juga tidak ada temuan,” kata Gatot.

Diberitakan sebelumnya, anggota III BPK Achsanul Qosasi menyatakan belum mengaudit dana kemah dan pemuda Islam 2017 karena belum ada permintaan. Dikatakan bahwa BPK baru akan melakukan audit bila ada permintaan dari penegak hukum dengan data yang diaudit dari penegak hukum.

Sedangkan di pihak lain, polisi menyatakan sudah mengirim surat kepada BPK untuk meminta audit atas kegiatan kemah pemuda. Pihak kepolisian sebelumnya menyebut ada potensi kerugian negara dalam penggunaan anggaran. Hal tersebut dipaparkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono.

“Dari hasil pemeriksaan awal memang diduga ada anggaran dana sekitar Rp 2 miliar yang tidak dihabiskan penuh yang diduga kurang dari separuh, ada data fiktif dalam penggunaannya,” kata Argo, Senin (26/11) lalu.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan